Friday, October 29, 2010

Dubes AS: Kunjungan Obama Akan Unik

VIVAnews - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Scot Marciel menilai kunjungan Presiden Barack Obama ke Indonesia nanti akan berlatar belakang unik.
"Karena masa kecil beliau (Obama) kan di sini, di Jakarta," kata dia dalam pidato saat mengunjungi Universitas Indonesia (UI), Jumat 29 Oktober 2010. Bila tidak halangan (lagi), Barack Obama akan bertandang ke Indonesia pada 9-10 November mendatang.
Scot mengaku belum tahu tanggal kunjungan pasti Obama, namun dia mengatakan kunjungan Obama akan dipercepat. "Dia akan berbicara soal kerja sama AS-Indonesia yang akan memasuki era baru," kata dia kepada wartawan.
Sementara itu, pejabat Dewan Keamanan Nasional, Ben Rhodes, menilai kemungkinan Obama bernostalgia ke tempat di mana dia menghabiskan masa kecil. "Mengingat padatnya jadwal kunjungan dan juga dia harus bersiap ikut pertemuan tingkat tinggi G-20, maka tidak ada waktu lebih lama lagi bagi beliau untuk mengunjungi tempat-tempat yang terkait dengan masa kecilnya," kata Rhodes saat mengumumkan jadwal Obama selama di Indonesia.
Saat itu, Rhodes ditanya wartawan apakah Obama akan menyempatkan waktu bertandang ke tempat dia pernah menghabiskan masa kecilnya. Selama 1967-1971, Obama kecil, yang dulu lebih dikenal dengan nama Barry Soetoro, pernah tinggal dan bersekolah di kawasan padat penduduk di Menteng Dalam, Jakarta.
Sebagai gantinya, Obama akan berpidato secara terbuka untuk umum. Dalam pidato itu dia akan mengutarakan pengalamannya di Indonesia saat masih kecil. "Menurut saya, dia akan mengutarakannya saat berpidato dan saat memberi pernyataan bersama Presiden Susilo Bambang Yudhyono," kata Rhodes.
Obama diperkirakan tiba di Jakarta sekitar Selasa siang atau sore, 9 November 2010, setelah bertolak dari India.  Selama kunjungan di Jakarta, Obama akan akan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara Jakarta. Kedua pemimpin akan meresmikan Perjanjian Kemitraan Komprehensif di berbagai bidang.

No comments:

Post a Comment