Monday, October 25, 2010

Fakta Menarik Tentang AIR



Air adalah zat, materi, atau unsur yang penting bagi semua bentuk kehidupan di Bumi. Air juga memberikan beberapa kontribusi penting bagi tubuh manusia, karena hampir setiap sel dalam tubuh manusia memerlukan.

Berikut ini adalah lima hal baik tentang air yang akan mendorong Anda untuk memulai kebiasaan baik dengan minum minimal delapan gelas per hari.

1. Air baik bagi perkembangan mental.
Delapan puluh persen jaringan otak terbuat dari air. Karena itu, air sangat penting untuk menjaga kandungan air bagi otak Anda. Uji klinis telah membuktikan bahwa dehidrasi mengurang kinerja otak, untuk menyimpan memori jangka pendek dan mengganggu konsentrasi.

2. Air dapat melindungi tubuh dari penyakit kronis.
Arthritis atau gangguan pada otot-otot atau jaringan-jaringan tubuh, kanker, dan penyakit jantung, adalah penyakit serius yang telah menyerang jutaan orang. Tidak perlu khawatir karena air dapat menjauhkan Anda dari penyakit-penyakit tersebut. Air bekerja seperti pelumas pada persendian, pembersih bagi saluran pencernaan, dan pengontrol kadar garam dalam tubuh.

3. Air dapat membantu Anda mengontrol berat badan.

Tidak hanya dapat menekan nafsu makan, air juga baik bagi metabolisme tubuh anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi enam cangkir air secara teratur selama setahun dapat melunturkan 2,4 kilogram lemak.

4. Air baik bagi kesehatan tubuh dan gigi.
Kerusakan gigi berasal dari penumpukan asam yang menggerogoti enamel gigi, tetapi liur dapat menetralkan asam ini. Selama kebutuhan tubuh akan air terpenuhi dengan baik, maka Anda akan memiliki air liur yang cukup untuk menetralkan tingkat keasaman dalam mulut Anda.

5. Minum terlalu banyak dapar menyebabkan rehidrasi berlebihan.
Walaupun air baik bagi kesehatan, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena tubuh akan mengalami rehidrasi berlebihan. Kondisi ini menjadikan tingkat natrium dalam tubuh menjadi tidak seimbang dan dapat mengakibatkan masalah pencernaan, kejang-kejang, bahkan koma. Tidak perlu panik akan jumlah air yang anda konsumsi, karena sesorang dapat terserang rehidrasi berlebihan jika ia minum dua galon air dalam sehari

sumber : http://kesehatan.liputan6.com/berita...ik.tentang.Air

No comments:

Post a Comment