Monday, October 25, 2010

Kerinci, Sekepal Tanah Surga di Bumi

Danau Gunung Tujuh



 
 Danau gunung tujuh dari atas gunung kerinci

A. Selayang Pandang
Danau gunung Tujuh terletak pada ketinggian 1.950m dari permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut Danau Gunung Tujuh tercatat sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara. Danau ini terbentuk karena letusan Gunung Tujuh pada ratusan tahun silam. Bekas letusan tersebut membentuk sebuah kawah yang lama-kelamaan penuh terisi oleh air hujan.

 

Air Danau Gunung Tujuh menjadi sumber mata air dari Air Terjun Gunung Tujuh, Air Terjun Telun Berasap, dan Sungai Batang Sangir, Air Terjun Gunung Tujuh dan Air Terjun Telun Berasap ini menjadi bagian lain dari wisata anadalan yang terdapat di Kabupaten Kerinci.

Menurut mitos yang berkembang di masyarakat, Danau Gunung Tujuh merupakan danau sakti. Mereka meyakini bahwa danau tersebut dijaga dan dihuni oleh dua makhluk halus menyerupai manusia yang dikawal oleh beberapa pasukan (pengikut) setia menyerupai harimau. Kedua makhluk tersebut oleh masyarakat diberi nama "Lbei Sakti" dan "Saleh Sri Menanti" dan "Saleh Sri Menanti".

B. Keistimewaan
Kondisi alam Danau Gunung Tujuh masih asri dan belum terusik oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab. Suasana alam begitu menyejukan, panoramanya begitu indah dan alami, dan airnya begitu jernih. Kondisi ini memberikan ketentraman dan ketenangan bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Keindahan Danau Gunung Tujuh bertambah lengkap oleh barisan hamparan tujuh puncak yang mengelilinginya. Ketujuh puncak gunung tersebut meliputi Gunung Hulu Tebo (2.525m dpl), Gunung Hulu Sangir (2.330m dpl), Gunung Madura Besi (2.418m dpl), Gunung Lumut (2.350m dpl), Gunung Selasih (2.230m dpl), Gunung Jar Panggang (2.469m dpl) dan Gunung Tujuh (2.735m dpl).
Di beberapa titik di pinggir danau ini, terdapat pasir yang terbentang menyerupai pantai. Tempat tersebut dapat digunakan oleh para wisatawan untuk berkemah sembari menanti terbitnya sang mentari dari ufuk timur. Pada saat matahari menampakkan wajahnya, para wisatawan dapat menikmati keindahan danau yang menakjubkan.

C. Lokasi
Danau Gunung tujuh terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Indonesia. Dari Desa Pelompek ke lokasi Danau Gunung Tujuh, pengunjung hanya perlu berjalan kaki untuk mencapai lokasi dengan dua alternative rute, yaitu:
  • Dari pos jaga kawasan Gunung Tujuh ke tepi danau dengan jarak 3 km dimana kondisi medan tidak begitu sulit dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2,5 jam.
  • Dari belakang wisma tamu Gunung Tujuh ke tepi danau dengan jarak sekitar 2,5km dimana kondisi medan agak curam dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 3 jam.

No comments:

Post a Comment