Wednesday, November 3, 2010

Peranan Nutrisi Bagi Tubuh

Tubuh kita terdiri dari kumpulan organ-organ yang bekerja secara sinergis. Organ tubuh adalah kumpulan dari jaringan otot yang memiliki fungsi tertentu didalam tubuh. Jaringan otot pada organ tubuh kita terdiri dari sel-sel hidup yang mampu meregenerasi dirinya sehingga terbentuk sel baru untuk menggantikan sel yang telah mati.

Nah, tahukah kita bahwa nutrisi sangat dibutuhkan oleh sel hidup untuk melakukan proses regenerasi sehingga jaringan otot yang membentuk organ untuk menjalankan fungsinya tetap berjalan dengan normal.
Lalu bagaimana jika tubuh kita tidak mendapatkan nutrisi yang seimbang?
Tentu organ tubuh kita mengalami kerusakan fungsinya.
Contoh kasus:
Kerusakan organ Pankreas
Anda pernah mendengar penyakit Diabetes/Kencing Manis? Hampir semua orang mengetahuinya. Penyakit ini menjadi populer saat ini, bukan hanya menyerang manusia usia lanjut, kini usia muda pun terkena.
Penyakit ini tidak menular, bahkan ada anggapan bahwa penyakit ini adalah penyakit turunan. Perlu diluruskan bahwa Penyakit Diabetes adalah penyakit Degeneratif yang diakibatkan karena gangguan fungsi organ Pankreas yang memproduksi hormon insulin.
Kerusakah organ Pankreas diakibatkan karena asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh pankreas tidak terpenuhi secara optimal. Sehingga produksi hormon insulin yang dibutuhkan untuk menetralisir kadar gula darah tidak terpenuhi.
Solusi:
Perbaiki pola makan yang sehat
Olah Raga yang teratur
Istirahat yang cukup
Jaga emosi (keseimbangan emosi)
Kalau dibahas sampai tuntas bisa panjang nih…
Jadi kita bertahap saja ya…
See ya…
Esa
http://solusiayurveda.wordpress.com

No comments:

Post a Comment