Sunday, November 28, 2010

Konsep Robot Dengan Otak Manusia Akan Dipasarkan


Ahli robotik dari Institution of Engineering and Technology (IET) yang berpusat di Inggris, menyebutkan bahwa sepuluh tahun mendatang akan bermunculan robot dengan otak manusia, atau cyborg.

Dikatakan profesor teknologi cyborg IET Kevin Warwick, teknologi cyborg telah semakin maju, sehingga nantinya akan sampai pada satu titik dimana hadir robot setengah manusia dengan sistem kontrol biologis yang sangat canggih.

"Teknologi implan dan elektronik sudah bisa dimasukkan ke dalam jaringan tubuh manusia, sehingga mewujudkan manusia dengan dengan perangkat tambahan," kata Warwick dilansir The Inquirer dan dikutip detikINET, Jumat (22/10/2010).

Warwick menyebutkan, beberapa teknologi cyborg dasar sebenarnya sudah digunakan dalam kapasitas terbatas, salah satunya untuk membantu orang-orang dengan penyakit gangguan saraf seperti Alzheimer.

Cyborg, dikatakan Warwick, dapat membantu sebuah perusahaan meningkatkan skala produksi mereka. Selain itu, cyborg juga memungkinkan individu dapat berinteraksi dengan teknologi di sekitarnya. Misalnya, seorang pengemudi mobil nantinya bisa benar-benar merasakan dalam tubuh mereka sendiri ketika jarak mereka terlalu dekat dengan sebuah objek atau kendaraan lain.


"Dengan investasi dan aplikasi etika yang tepat, cyborg bisa menambah manfaat yang besar bagi masyarakat. Dari mulai membantu penyembuhan penyakit hingga efisiensi manufaktur," tutupnya.

sumber http://www.i-dus.com/2010/11/robot-dengan-otak-manusia-akan-hadir-10.html

No comments:

Post a Comment