Saturday, November 27, 2010

TOKOH-TOKOH INDONESIA YANG DIKENAL DI LUAR NEGERI NAMUN ASING DI NEGERINYA


Bisa jadi 3 nama dari tokoh Indonesia ini belum begitu akrab dengan Anda.  Namun mereka begitu dikenal di luar negeri. Di tangan mereka bahasa Indonesia menjadi populer dan modern. Dan sekarang hampir separuh negara di dunia mewajibkan studi Bahasa Indonesia untuk kemajuan pendidikan di negaranya. Sebanyak 48 negara menjadikan Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran wajib.

Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi 
Jika ada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak 

Kenang, kenanglah kami  (Chairil Anwar)


1. Chairil Anwar

Berkas:Chairil Anwar.jpg

Chairil Anwar dilahirkan di Medan, Chairil Anwar merupakan anak tunggal. Ibunya bernama Solehah, Lahir di Situjuh, Payakumbuh dan ayahnya bernama Toeloes, mantan bupati Kabupaten IndragiriRiau, berasal dari Taeh BaruahPayakumbuh, Limapuluh KotaSumatra Barat. Sedangkan ibunya Saleha, berasal dari Situjuh, Limapuluh Kota. [1] Dia masih punya pertalian keluarga dengan Sutan SjahrirPerdana Menteri pertama Indonesia.

 (Puisi Chairil di Antara Penyair Dunia di Dinding Khusus Museum di Leiden)

Dalam kepenyairannya ia telah membawa bahasa indonesia yang modern.  Dan di Leiden, Belanda sana, ada dinding khusus yang bertuliskan puisi-puisi dari penyair legendaris dari mancanegara, dalam bahasa aslinya. Salah satunya dari Indonesia, Chairil Anwar.

2. Sutardji Calzoum Bachri

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLEPDXjhY64raVLn7vdPVMZCdTSlHl_tuA-o2Per8EcO9spFBa8y27KbsJ6amfevgtBjxHu26mHH3PPEdN2cvpLi0dmxBRUpIIi_riYdHMmlch12gzDnR2Ee5ZKRsCD9xRkV6d0KA9OPnS/s320/75107_achmad_bakrie_awards___sutardji_calzoum_bachri.jpg
Sutardji Calzoum Bachri lahir di RengatIndragiri Hulu24 Juni 1941; Ia dikenal di dunia dengan puisi mantranya. Di tangan Sutardji Calzoum Bachri, bahasa Indonesia tampak sangat modern, pascamodern, sekaligus purba. Kiprahnya adalah usaha yang tiada henti dalam merebut kembali hidup kata yang telanjur dibeku-bakukan dalam kamus dan konvensi.

Ia menerima berbagai penghargaan dari luar dan dalam negeri. Coba Anda nikmati video berikut ini:

3. Goenawan Moehammad

http://id-newslink.com/wp-content/uploads/2010/06/goenawan.jpg

Goenawan Soesatyo Mohamad lahir di Karangasem, BatangJawa Tengah29 Juli 1941; seorang sastrawan Indonesia terkemuka. Ia juga salah seorang pelopor  Majalah Horison dan lalu mendirikan Majalah Tempo dan Koran Tempo. 
Sebagai penyair, Goenawan memiliki jaringan nasional dan internasional dalam mempopulerkan seni dan sastra indonesia. Menerima berbagai penghargaan dari luar dan dalam negeri.

No comments:

Post a Comment