Sunday, October 31, 2010

Jalan Pintas Sehat Melalui Kebiasaan Makan

Jalan Pintas Sehat Melalui Kebiasaan Makan

MAKANAN cepat saji dan minuman beralkohol hanyalah beberapa bagian dari gaya hidup tak sehat yang semakin hari tampaknya semakin menjadi tren saja. Padahal mengonsumsi makanan sehat hanya membutuhkan sedikit trik. Berikut beberapa jalan pintas menuju tubuh yang sehat.

1. Wajib sarapan
Mulailah hari dengan sarapan, setidaknya dengan satu jenis buah atau roti. Lebih baik lagi bila Anda sempat makan telur. Telur akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Rutin sarapan setiap hari akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

2. Makan 5 kali sehari
Makanlah setidaknya lima kali sehari dengan mengutamakan tiga waktu makan yakni sarapan, makan siang, dan makan malam. Adapun dua waktu makan lainnya bisa dilakukan dengan mencamil makanan sehat. Makan dengan intensitas sering dapat mencegah rasa lapar, menyumbang energi yang konsisten, dan menjaga efisiensi metabolisme. Konsumsilah makanan sehat seperti buah-buahan yang kaya akan serat
seperti apel, semangka, melon, jeruk, dan pepaya.

3. Pilih makanan sehat
Beberapa orang, mungkin termasuk Anda lebih memilih makan di restoran ketimbang di rumah. Jika begitu, karena Anda tidak memasaknya sendiri, berhati-hatilah terhadap lemak yang tersembunyi dalam berbagai pilihan makanan di restoran.

Sebisa mungkin pilih makanan yang mengandung banyak sayur dan pesanlah makanan yang dibakar, rebus, atau panggang ketimbang yang digoreng.

4. Cukup air
Terlebih bagi Anda yang memiliki profesi yang mengharuskan untuk berada si lapangan atau selalu melakukan perjalanan, usahakan untuk cukup minum air. Bila tidak, Anda berpotensi mengalami sakit tenggorok atau infeksi saluran pernapasan. Untuk menghindarinya, jangan minum minuman berkafein, soda, atau alkohol karena justru akan menguras cairan tubuh. Cobalah minum air putih 7-8 gelas per hari dan makan yang mengandung banyak air seperti pada jus buah dan air kelapa.

5. Makanan berkualitas baik
Sadarkah Anda bahwa kualitas makanan yang Anda makan menentukan efektivitas kerja? Maka itu, hindarilah makanan olahan yang kandungan nutrisinya telah hilang selama proses produksi. Makanan olahan juga dapat meningkatkan kadar gula darah. Untuk itu, bila ingin menggunakan gula coba ganti dengan madu atau bila ingin tepung, coba pakai tepung gandum, bukan terigu. (Pri/OL-06)

No comments:

Post a Comment