Friday, October 15, 2010

Swiss Tuntaskan Terowongan Terpanjang di Dunia


Para pekerja Swiss menyelesaikan penggalian terakhir terowongan terpanjang di dunia hari ini. Terowongan ini baru akan dioperasikan untuk kereta berkecepatan tinggi tahun 2017.

Para teknisi Swiss bersorak-sorai selagi mereka mendobrak bongkahan batu terakhir hari Jumat untuk menyelesaikan pembangunan terowongan terpanjang di dunia.

Terowongan Gotthard Base sepanjang 35,4 mil atau 57 kilometer itu nantinya akan memungkinkan kereta berkecepatan tinggi melakukan perjalanan dari Jerman ke Italia tanpa melalui pegunungan Alpen.

Terowongan baru itu mengungguli Terowongan Seikan di Jepang, dengan panjang 33,5 mil atau 54 kilometer, yang menghubungkan pulau Honshu dan pulau Hokkaido. Sementara "the Chunnel", terowongan yang menghubungkan Inggris dan Perancis mempunyai panjang 31 mil atau 50 kilometer.

Proyek Swiss bernilai 10 milyar dolar itu merupakan bagian dari rencana jaringan angkutan barang untuk secara lebih baik menghubungkan kota-kota di Eropa sekaligus mengurangi dampak truk-truk besar terhadap lingkungan.

Diperlukan waktu hampir 20 tahun penggalian, sementara beberapa tim yang bekerja sejauh dua kilometer lebih di bawah pegunungan Swiss itu untuk menyelesaikan upaya tersebut.Dari 2.500 pekerja yang terlibat dalam proyek terowongan ini, delapan orang pekerja telah meninggal. Terowongan itu baru akan dibuka untuk kereta api tahun 2017.

No comments:

Post a Comment